Ketentuan Penulisan Karya Ilmiah Hasil Observasi
Administrasi Bisnis (Unggulan KBK) Tahun 2015
1. Makalah terdiri
dari 4 BAB utama yang terdiri atas (Pendahuluan, Landasan Teori, Pembahasan,
Penutup), adapun penjelasan rinci masing-masing sebagai berikut:
Bab I
Pendahuluan adalah bab
yang mengantarkan isi naskah, yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan
landasan kerja penyusun. Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas
(1.1) Latar Belakang Masalah, (1.2) Maksud
dan Tujuan, (1.3) Metode Riset, (1.4) Ruang
Lingkup, (1.5) Permasalahan Pokok, (1.6) Sistematika Penulisan. Contoh format pada BAB ini bisa mengacu ke dalam sistematika
penulisan KKP dan Tugas Akhir ASM.
Bab II Landasan Teori atau kerangka teori berisi prinsip-prinsip teori yang mempengaruhi dalam pembahasan. Prinsip-prinsip teori itu berguna untuk membantu gambaran langkah dan arah kerja (observasi atau penelitian). Kerangka teori akan membantu penulis dalam membahas masalah yang sedang diteliti. Artinya, kerangka teori harus bisa memberikan gambaran tata kerja teori itu. (Semua landasan teori harus bersumber yang jelas dan di cantumkan pada daftar pustaka, landasan teori boleh bersumber dari buku dan internet)
Bab III
Pembahasan dan Analisis ini merupakan bab yang terpenting dalam penelitian karya
ilmiah. Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan dengan menyajikan paparan data
hasil observasi. Dipaparkan sekilas tentang sejarah
PT/instansi tempat observasi, bidang usaha/kegiatan, struktur organisasi, prosedur
atau kegiatan disertai dengan gambar alurnya. Pada BAB ini juga dibuat beberapa
analisis penulis secara tuntas.
Bab IV Penutup yang terdiri
dari (Kesimpulan dan Saran). Pada bagian ini berisi simpulan yang diperoleh
dari penelitian yang dilakukan. Simpulan yang dimaksud adalah gambaran umum
seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis yang sudah dikemukakan.
Simpulan ini diperoleh dari uraian analisis, interpretasi, dan deskripsi yang
tertera pada bab analisis. Selanjutnya, saran-saran penulis tentang pemikiran dan
penerapan hasil penelitian, serta beberapa saran yang mempunyai relevansi
dengan hambatan yang dialami selama penelitian.
2. Minimal jumlah
halaman minimal 20 lembar. (diluar kelengkapan pendukung makalah
seperti: cover depan, kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, profile
singkat penulis, lampiran-lampiran).
3. Kertas yang
digunakan sebagai media penulisan makalah hasil observasi adalah ukuran A4
(21 x 29,7 cm) dengan line spasing 1,5 cm dan jenis huruf yang
digunakan adalah Times New Roman 12 kecuali untuk cover depan dan
kelengkapan pendukung lain bisa disesuaikan). Sedangkan ketentuan Margins
Page Setup dari kertas A4 tersebut (kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cmm dan
bawah 3 cm).
4. Prosentase
jumlah halaman masing-masing BAB harus memenuhi bobot keseimbangan sebuah karya
ilmiah, contohya jangan terlalu tebal di landasan teori tetapi pembahasan
kosong atau sebaliknya. (Contoh gambaran sebaiknya: BAB I = 4 - 6 halaman, BAB
II = (5 - 10 halaman), BAB III = (9 - 15 halaman), BAB IV = (2 - 4 halaman).
5. Daftar pustaka
harus disertai sumber kutipan yang jelas baik yang dari buku-buku, koran,
majalah, internet, dll. Lihat contoh penulisan format daftar pustaka pada
sebuah hasil karya.
6. Hasil observasi
harus di dukung dengan media presentasi menggunakan power point yang di desain
semenarik mungkin menurut kelompok masing-masing dan dilengkapi lampiran
dokumentasi pendukung seperti foto-foto dan atau hasil wawancara. (semua itu disimpan dalam CD-R atau CD-RW atau DVD RW disarankan yang –RW
supaya jika ada revisi bisa di lakukan perbaikan).
7. Hasil Karya
observasi harus asli dan bukan merupakan Plagiat atau Copy Paste
dari karya orang lain. Apabila terbukti plagiat / copy paste maka akan ada
konsekuensi tersendiri.
8. Hasil Karya
dikumpulkan serentak pada pertemuan ke 9 atau tepatnya seminggu setelah Ujian
Tengah Semester (UTS), apabila ada keterlambatan akan dikenakan konsekuensi
tersendiri. Sedangkan jadwal presentasi adalah sesuai urutan nama kelompok,
contohnya kelompok yang mendapat thema makalah nomer 1 maka akan presentasi
pada pertemuan ke 9, demikian seterusnya sampai pertemuan 15.
9. Pertanyaan dan
diskusi untuk hal lebih lanjut bisa di ajukan melalui web blog, forum milis dan
email yang sudah ditentukan. Akhir kata selamat bekerja.. Salam kompak selalu.
itu penejlasan untuk tugas kelas 1B Pak?
BalasHapusIya sistematika penulisan makalahnya seperti itu.. khusus buat kelas 22.1B.25 dan 22.1C.25
Hapus