Ketentuan
Penulisan Karya Ilmiah Hasil Observasi
Kepemimpinan (KBK) Tahun 2013
1. Makalah terdiri
dari 4 BAB utama yang terdiri atas (Pendahuluan, Landasan Teori, Pembahasan,
Penutup), adapun penjelasan rinci masing-masing sebagai berikut:
Bab I Pendahuluan adalah bab
yang mengantarkan isi naskah, yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan
landasan kerja penyusun. Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas
(1.1) Latar Belakang Masalah, (1.2) Maksud
dan Tujuan, (1.3) Metode Riset, (1.4) Ruang
Lingkup, (1.5) Permasalahan Pokok, (1.6) Sistematika Penulisan. Contoh format pada BAB ini bisa mengacu ke dalam sistematika
penulisan KKP dan Tugas Akhir ASM.
Bab II Landasan Teori atau kerangka
teori berisi prinsip-prinsip teori yang mempengaruhi dalam
pembahasan. Prinsip-prinsip teori itu berguna untuk membantu gambaran langkah
dan arah kerja (observasi atau penelitian). Kerangka teori akan membantu
penulis dalam membahas masalah yang sedang diteliti. Artinya, kerangka teori
harus bisa memberikan gambaran tata kerja teori itu. (Semua landasan teori
harus bersumber yang jelas dan di cantumkan pada daftar pustaka, landasan teori
boleh bersumber dari buku dan internet)
Bab III Pembahasan dan Analisis ini merupakan
bab yang terpenting dalam penelitian karya ilmiah.
Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan dengan menyajikan paparan data hasil
observasi. Dipaparkan tentang sejarah dari
objek penelitian, perjalanan kehidupan, biografi, prestasi, kebijakan-kebijakan
yang dibuat, dll. Pada BAB ini juga dibuat beberapa analisis penulis secara
tuntas.
Bab IV Penutup yang terdiri dari (Kesimpulan dan
Saran). Pada bagian ini berisi simpulan yang diperoleh dari penelitian yang
dilakukan. Simpulan yang dimaksud adalah gambaran umum seluruh analisis dan
relevansinya dengan hipotesis yang sudah dikemukakan. Simpulan ini diperoleh
dari uraian analisis, interpretasi, dan deskripsi yang tertera pada bab
analisis. Selanjutnya, saran-saran penulis tentang pemikiran dan penerapan hasil
penelitian, serta beberapa saran yang mempunyai relevansi dengan hambatan yang
dialami selama penelitian.
2. Minimal jumlah
halaman minimal 20 lembar. (diluar kelengkapan pendukung makalah
seperti: cover depan, kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, profile
singkat penulis, lampiran-lampiran).
3. Kertas yang
digunakan sebagai media penulisan makalah hasil observasi adalah ukuran A4
(21 x 29,7 cm) dengan line spasing 1,5 cm dan jenis huruf yang
digunakan adalah Times New Roman 12 kecuali untuk cover depan dan
kelengkapan pendukung lain bisa disesuaikan). Sedangkan ketentuan Margins
Page Setup dari kertas A4 tersebut (kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cm dan
bawah 3 cm).
4. Prosentase
jumlah halaman masing-masing BAB harus memenuhi bobot keseimbangan sebuah karya
ilmiah, contohya jangan terlalu tebal di landasan teori tetapi pembahasan
kosong atau sebaliknya. (Contoh gambaran sebaiknya: BAB I = 4 - 6 halaman, BAB
II = (5 - 10 halaman), BAB III = (9 - 15 halaman), BAB IV = (2 - 4 halaman).
5. Daftar pustaka
harus disertai sumber kutipan yang jelas baik yang dari buku-buku, koran,
majalah, internet, dll. Lihat contoh penulisan format daftar pustaka pada
sebuah hasil karya.
6. Hasil observasi
harus di dukung dengan media presentasi menggunakan power point yang di desain
semenarik mungkin menurut kelompok masing-masing dan dilengkapi lampiran
dokumentasi pendukung seperti foto-foto dan video (semua itu disimpan dalam
CD-R atau CD-RW atau DVD RW disarankan yang –RW supaya jika ada revisi bisa di
lakukan perbaikan).
7. Hasil Karya
observasi harus asli dan bukan merupakan Plagiat atau Copy Paste
dari karya orang lain. Apabila terbukti plagiat / copy paste maka akan ada
konsekuensi tersendiri.
8. Hasil Karya
dikumpulkan serentak pada pertemuan ke 9 atau tepatnya seminggu setelah Ujian
Tengah Semester (UTS), apabila ada keterlambatan akan dikenakan konsekuensi
tersendiri. Sedangkan jadwal presentasi adalah sesuai urutan nama kelompok,
contohnya kelompok yang mendapat thema makalah nomer 1 maka akan presentasi
pada pertemuan ke 9, demikian seterusnya sampai pertemuan 15.
9. Pertanyaan dan
diskusi untuk hal lebih lanjut bisa di ajukan melalui web blog, forum milis dan
email yang sudah ditentukan. Akhir kata selamat bekerja.. Salam kompak selalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar