Sunday, 23 October 2016

Sistematika Penulisan Character Building

Ketentuan Penulisan Karya Ilmiah Hasil Observasi 
Character Building (KBK) Tahun 2016

1. Makalah terdiri dari 4 BAB utama yang terdiri atas (Pendahuluan, Landasan Teori, Pembahasan, Penutup), adapun penjelasan rinci masing-masing sebagai berikut:

Bab I Pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi naskah, yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan kerja penyusun. Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas (1.1) Latar Belakang Masalah, (1.2) Identifikasi Masalah, (1.3) Pembatasan Masalah, (1.4) Tujuan dan Manfaat Penelitian. Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap suatu masalah atau problematika yang muncul, dapat ditulis dalam bentukan uraian paparan atau poin-poin saja. Identifikasi masalah merupakan kumpulan masalah yang berhasil diurai. Sedangkan pembatasan masalah diambil dari bagian-bagian identifikasi masalah yang akan diteliti. Biasanya tidak semua masalah yang berhasil diidentifikasi diteliti karena keterbatasan biaya, waktu, dan kemampuan. Tujuan penelitian diambil dari batasan masalah. Jika salah satu batasan masalah yang dirumuskan dalam kalimat tanya itu, berbunyi, “Bagaimana hasil belajar dengan menerapkan metode tanya jawab, maka tujuan penelitiannya ialah mengetahui hasil pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab. Sedangkan manfaat penelitian bisa dituliskan manfaat untuk si peneliti atau guru, lembaganya dan bagi dunia pendidikan pada umumnya.

Bab II Landasan Teori atau kerangka teori berisi prinsip-prinsip teori yang memengaruhi dalam pembahasan. Prinsip-prinsip teori itu berguna untuk membantu gambaran langkah dan arah kerja (observasi atau penelitian). Kerangka teori akan membantu penulis dalam membahas masalah yang sedang diteliti. Artinya, kerangka teori harus bisa memberikan gambaran tata kerja teori itu. (Semua landasan teori harus bersumber yang jelas dan di cantumkan pada daftar pustaka, landasan teori boleh bersumber dari buku dan internet)

Bab III Pembahasan dan Analisis ini merupakan bab yang terpenting dalam penelitian karya ilmiah. Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan dengan menyajikan paparan data hasil observasi dan wawancara, sintesis pembahasan, interpretasi, jalan keluar dan beberapa analisis penulis secara tuntas.

Bab IV Penutup yang terdiri dari (Kesimpulan dan Saran). Pada bagian ini berisi simpulan yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Simpulan yang dimaksud adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis yang sudah dikemukakan. Simpulan ini diperoleh dari uraian analisis, interpretasi, dan deskripsi yang tertera pada bab analisis. Selanjutnya, saran-saran penulis tentang pemikiran dan penerapan hasil penelitian, serta beberapa saran yang mempunyai relevansi dengan hambatan yang dialami selama penelitian.

2. Minimal jumlah halaman minimal 20 lembar. (diluar kelengkapan pendukung makalah seperti: cover depan, kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, profile singkat penulis, lampiran-lampiran).

3.  Kertas yang digunakan sebagai media penulisan makalah hasil observasi adalah ukuran A4 (21 x 29,7 cm) dengan line spasing 1,5 cm dan jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman 12 kecuali untuk cover depan dan kelengkapan pendukung lain bisa disesuaikan). Sedangkan ketentuan Margins Page Setup dari kertas A4 tersebut (kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cmm dan bawah 3 cm).

4. Prosentase jumlah halaman masing-masing BAB harus memenuhi bobot keseimbangan sebuah karya ilmiah, contohya jangan terlalu tebal di landasan teori tetapi pembahasan kosong atau sebaliknya. (Contoh gambaran sebaiknya: BAB I = 4 - 6 halaman, BAB II = (5 - 10 halaman), BAB III = (9 - 15 halaman), BAB IV = (2 - 4 halaman).

5.  Daftar pustaka harus disertai sumber kutipan yang jelas baik yang dari buku-buku, koran, majalah, internet, dll. Lihat contoh penulisan format daftar pustaka pada sebuah hasil karya.

6. Hasil observasi harus di dukung dengan media presentasi menggunakan power point yang di desain semenarik mungkin menurut kelompok masing-masing dan dilengkapi lampiran dokumentasi pendukung seperti foto-foto dan atau hasil wawancara audio dan atau video hasil liputan. (semua itu disimpan dalam CD-R atau CD-RW atau DVD RW disarankan yang –RW supaya jika ada revisi bisa di lakukan perbaikan).

7. Hasil Karya observasi harus asli dan bukan merupakan Plagiat atau Copy Paste dari karya orang lain. Apabila terbukti plagiat / copy paste maka akan ada konsekuensi tersendiri.

8. Hasil Karya dikumpulkan serentak pada pertemuan ke 9 atau tepatnya seminggu setelah Ujian Tengah Semester (UTS), apabila ada keterlambatan akan dikenakan konsekuensi tersendiri. Sedangkan jadwal presentasi adalah sesuai urutan nama kelompok, contohnya kelompok yang mendapat thema makalah nomer 1 maka akan presentasi pada pertemuan ke 9, demikian seterusnya sampai pertemuan 15.

9. Pertanyaan dan diskusi untuk hal lebih lanjut bisa di ajukan melalui web blog, forum milis dan email yang sudah ditentukan. Akhir kata selamat bekerja.. Salam kompak selalu.


1 comment:

  1. nice post :)) Follow my blog http://azukipurple.blogspot.com/ thanks you

    ReplyDelete