Minggu, 07 April 2019

Ketentuan Laporan Character Building 2019

Ketentuan Penulisan Laporan
Hasil Interaksi Pengabdian Masyarakat
Character Building (KBK) Tahun 2019

1. Laporan terdiri dari 3 BAB utama yang terdiri atas (Pendahuluan, Laporan Pelaksanaan Interaksi Sosial Dengan Masyarakat ~ Tiap individu menguraikan peran masing-masing dibuktikan dengan photo/video, Penutup), adapun penjelasan rinci masing-masing sebagai berikut:

Bab I Pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi naskah, yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan dan latar belakang kerja team penyusun. Pendahuluan dalam laporan ini terdiri atas (1.1) Latar Belakang, (1.2) Identifikasi Masalah, (1.3) Ruang Lingkup Kegiatan, (1.4) Tujuan dan Manfaat Kegiatan. Latar belakang merupakan uraian dari hal-hal umum menuju hal-hal khusus secara spesifik dan menyebabkan perlunya dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dari masyarakat terdidik (kampus) terhadap suatu masalah atau problematika yang muncul untuk kemudian dipecahkan melalui sebuah tindakan nyata, dapat ditulis dalam bentukan uraian paparan. Identifikasi masalah merupakan kumpulan masalah yang berhasil diurai dan dirasakan masyarakat, kelompok masyarakat atau organisasi untuk kemudian di identifikasi secara rinci. Sedangkan ruang lingkup diambil dari bagian-bagian masyarakat, kelompok masyarakat atau organisasi yang dibuatkan kegiatan pengabdian masyarakatnya, kemudian dijabarkan juga area lokasi dan masa waktu kegiatan. Biasanya tidak semua masalah yang berhasil diidentifikasi, diteliti dan dilaporkan karena keterbatasan biaya, waktu, dan kemampuan. Tujuan penelitian diambil dari identifikasi masalah. Jika salah satu identifikasi masalah yang dirumuskan dalam kalimat tanya itu, berbunyi, “Bagaimana hasil belajar dengan menerapkan metode tanya jawab, maka tujuan penelitiannya ialah mengetahui hasil pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab. Sedangkan manfaat penelitian bisa dituliskan manfaat untuk si pelaksana kegiatan atau dosen, lembaganya, masyarakat dan bagi dunia pendidikan pada umumnya. (lihat ketentuan persamaan persepsi mata kuliah character building)
Bab II Laporan Pelaksanaan Kegiatan Interaksi Pengabdian Masyarakat adalah merupakan bab yang terpenting dalam laporan. Dalam bab ini akan dijelaskan kegiatan dengan menyajikan paparan data hasil observasi, kegiatan interaksi sosial ke masyarakat dan wawancara, tiap individu menguraikan peran masing-masing dalam kegiatan interaksi sosial tersebut dan dapat dibuktikan dengan dokumentasi photo/video). Pada bab ini juga disampaikan secara rinci tahapan pelaksanaan kegiatan sampai akhir kegiatan dengan perencanaan dan pembagian kerja team. Pada tahap pelaksanaan kegiatan hendaknya disampaikan secara detail bagaimana proses penyampaian thema kelompok yang dibagikan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat tersebut.
Bab III Penutup terdiri dari (Kesimpulan dan Testimoni Kegiatan dari Peserta serta Pejabat Wilayah yang mewakili). Pada bagian ini berisi kesimpulan yang diperoleh dari observasi interaksi sosial yang dilakukan. Simpulan yang dimaksud adalah gambaran umum seluruh analisis pelaksanaan kegiatan dan relevansinya dengan hipotesis yang sudah dikemukakan pada identifikasi kegiatan. Simpulan ini diperoleh dari uraian analisis, interpretasi, dan deskripsi yang tertera pada bab pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya, boleh disajikan saran-saran kelompok penulis tentang pemikiran dan penerapan hasil pelaksanaan kegiatan, serta beberapa saran yang mempunyai relevansi dengan hambatan yang dialami selama pelaksanaan kegiatan.

2. Teknis: Minimal jumlah halaman minimal 15 lembar. (diluar kelengkapan pendukung laporan seperti: cover depan, kata pengantar laporan, daftar isi, profile singkat penulis disertai foto, lampiran-lampiran).

3. Kertas yang digunakan sebagai media penulisan makalah hasil observasi adalah ukuran A4 ~ 80 Gram (21 x 29,7 cm) dengan line spasing 1,5 cm dan jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman 12 kecuali untuk cover depan dan kelengkapan pendukung lain bisa disesuaikan). Sedangkan ketentuan Margins Page Setup dari kertas A4 tersebut (kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cmm dan bawah 3 cm).

4. Prosentase jumlah halaman masing-masing BAB harus memenuhi bobot keseimbangan sebuah laporan, contohya jangan terlalu tebal di pendahuluan tetapi laporan pelaksanaan kegiatan kosong atau sebaliknya. (Contoh gambaran sebaiknya: BAB I = 3 - 4 halaman, BAB II = (10 - 15 halaman), BAB III = (2 - 3 halaman).

5.  Hasil laporan interaksi dalam observasi harus di dukung dengan media presentasi menggunakan power point yang di desain semenarik mungkin menurut kelompok masing-masing dan dilengkapi lampiran dokumentasi pendukung seperti foto-foto dan atau hasil wawancara audio dan atau video hasil liputan selama kegiatan berlangsung. (semua itu disimpan dalam CD-R atau CD-RW atau DVD RW disarankan yang –RW supaya jika ada revisi bisa di lakukan perbaikan). Pada isi CD laporan interaksi akhir harus terdiri dari semua kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan seperti soft copy proposal, soft copy surat-menyurat pendahuluan, dokumentasi foto/video pelaksanaan dan surat keterangan hasil kegiatan dari pejabat wilayah yang menerima atau penanggung jawab masyarakat/kelompok masyarakat/organisasi.

6. Hasil laporan interaksi hasil observasi harus asli dan bukan merupakan Plagiat atau Copy Paste dari karya orang lain. Apabila terbukti plagiat/copy paste maka akan ada konsekuensi tersendiri.

7. Hasil laporan dikumpulkan serentak pada pertemuan ke 9 atau tepatnya seminggu setelah Ujian Tengah Semester (UTS), apabila ada keterlambatan akan dikenakan konsekuensi tersendiri. Sedangkan jadwal presentasi adalah sesuai urutan nama kelompok, contohnya kelompok yang mendapat thema makalah nomer 1 maka akan presentasi pada pertemuan ke 9, demikian seterusnya sampai pertemuan 14. Setiap anggota kelompok wajib hadir pada saat presentasi dan dipersamakan dengan ketentuan pada saat Ujian Akhir Semester. 

8. Kelengkapan dokumen, desain spanduk dan format pengabdian masyarakat disampaikan lebih lengkap melalui berkas di pengurus kelas masing-masing. Pertanyaan dan diskusi untuk hal lebih lanjut bisa di ajukan melalui web blog, forum milis dan email yang sudah ditentukan. Akhir kata selamat bekerja.. Salam kompak selalu. (DGE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar