Rabu, 30 Maret 2022

Teknik Penulisan

Ketentuan Penulisan Makalah Statistika

  1. Makalah terdiri dari 4 BAB utama yang terdiri atas Pendahuluan (berupa konsep dan gambaran penelitian), Landasan Teori (kerangka berfikir dari teoritis), Pembahasan (pemaparan data beserta contoh dan analisisnya), Penutup (kesimpulan dan saran).
  2. Bab I Pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi naskah, yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan kerja penyusun. Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas (1.1) Latar Belakang, (1.2) Identifikasi Masalah, (1.3) Tujuan dan Manfaat Pembuatan Makalah, (1.4) Ruang Lingkup, (1.5) Sistematika Penulisan, dan sebagainya boleh ditambahkan sub-bab sesuai kebutuhan. 
  3. Bab II Landasan Teori atau kerangka teori berisi prinsip-prinsip teori yang memengaruhi dalam pembahasan. Prinsip-prinsip teori itu berguna untuk membantu gambaran langkah dan arah kerja (observasi atau penelitian). Kerangka teori akan membantu penulis dalam membahas masalah yang sedang diteliti. Artinya, kerangka teori harus bisa memberikan gambaran tata kerja teori itu. (Semua landasan teori harus bersumber yang jelas dan di cantumkan pada daftar pustaka, landasan teori boleh bersumber dari buku dan internet)
  4. Bab III Pembahasan dan Analisis ini merupakan bab yang terpenting dalam penelitian karya ilmiah. Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan dengan menyajikan paparan data hasil data sekunder atau bisa juga primer, sumber data primer bisa berupa observasi, wawancara, hasil kuisioner, dan studi pustaka. Pada bab ini juga berisi data-data dan paparan sintesis pembahasan, interpretasi, analisis penulis secara tuntas. Jika data yang dipaparkan dari data sekunder mohon dijelaskan tahapannya dengan baik dan sistematis.
  5. Bab IV Penutup yang terdiri dari (Kesimpulan dan Saran). Pada bagian ini berisi simpulan yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Simpulan yang dimaksud adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya. Simpulan ini diperoleh dari uraian analisis, interpretasi, dan deskripsi yang tertera pada bab pembahasan dan analisis. Selanjutnya, saran-saran penulis tentang pemikiran dan penerapan hasil penelitian, serta beberapa saran yang mempunyai relevansi dengan hambatan yang dialami selama penelitian.
  6. Minimal jumlah halaman minimal 15 lembar dan di susun rapi dalam 2 bentuk (pdf dan ms word). (Jumlah halaman pokok diluar kelengkapan pendukung makalah seperti: cover depan, kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, profile singkat penulis dengan mensertakan foto, lampiran-lampiran).
  7. Kertas yang digunakan sebagai media penulisan makalah hasil observasi adalah ukuran A4 (21 x 29,7 cm) dengan line spasing 1,5 cm dan jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman 12 kecuali untuk cover depan dan kelengkapan pendukung lain bisa disesuaikan). Sedangkan ketentuan Margins Page Setup dari kertas A4 tersebut (kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cm dan bawah 3 cm).
  8. Prosentase jumlah halaman masing-masing BAB harus memenuhi bobot keseimbangan sebuah karya ilmiah, contohya jangan terlalu tebal di landasan teori tetapi pembahasan kosong atau sebaliknya. (Contoh gambaran sebaiknya: BAB I = 3 - 4 halaman, BAB II = (4 - 5 halaman), BAB III = (7 - 15 halaman), BAB IV = (1 - 2 halaman).
  9. Daftar pustaka harus disertai sumber kutipan yang jelas baik yang dari buku-buku, koran, majalah, internet, dll. Lihat contoh penulisan format daftar pustaka pada sebuah hasil karya. Kutipan dari internet hanya diperbolehkan dari sumber yang jelas seperti jurnal, buku digital, sumber perpustakaan online, situs kampus atau repository kampus.
  10. Hasil Karya observasi harus asli dan bukan merupakan Plagiat atau Copy Paste dari karya orang lain. Apabila terbukti plagiat / copy paste maka akan ada konsekuensi tersendiri.
  11. Hasil Karya Makalah dan PPT Presentasi dikumpulkan serentak pada pertemuan ke 9 atau tepatnya seminggu setelah Ujian Tengah Semester (UTS), sedangkan jadwal presentasi sesuai dengan urutan kelompok pada daftar kelompok, Apabila ada keterlambatan akan dikenakan konsekuensi tersendiri. Pengumpulan bentuk soft copy (ms.word dan pdf) dikirim ke email: dirgahayu.dge@gmail.com (dengan subject: STATISTIKA_KELOMPOK_KELAS)
  12. Pertanyaan dan diskusi untuk hal lebih lanjut bisa di ajukan melalui web blog, forum WAG dan email yang sudah ditentukan. Akhir kata selamat bekerja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar