Monday, 18 April 2011

Catatan Kuliah

Istilah Tambahan Materi Kepemimpinan
(Kelas 22.6B.02 Kampus Fatmawati)

Directive. Hal ini menjelaskan perilaku pemimpin sebagai struktur, yang menjelaskan tujuan dan bagaimana cara untuk meraih tujuan tersebut. Juga termasuk memberikan penghargaan dan tindakan pendisiplinan. Directive perspective sama dengan task oriented leadership yang memberikan gambaran mengenai peran dari karyawan dalam perusahaan.

Supportive. Perilaku ini menggambarkan pemimpin yang friendly dan dapat meraih karyawannya, yang membuat tempat kerja menjadi nyaman. Supportive leadership sama dengan people oriented leadership.

Locus of Control. Orang dengan internal locus of control percaya bahwa mereka dapat mengontrol lingkungan kerja mereka. Sehingga karyawan akan lebih memilih kepemimpinan participative dan achievement oriented, dan mungkin akan frustasi apabila pemimpin menggunakan directive style. Sebaliknya bagi karyawan dengan external locus of control yang mempercayai bahwa kinerja mereka tergantung pada nasib dan keberuntungan, maka mereka lebih nyaman dengan kepemimpinan directive dan supportive.

Achievement oriented. Perilaku ini mendorong karyawan untuk dapat mencapai tingkat kinerja utamanya. Pemimpin menentukan tujuan, mengharapkan kinerja karyawan pada level yang paling tinggi, secara berkelanjutan berusaha meningkatkan kinerja karyawan, menggambarkan tingkat kepastian pertanggungjwaban karyawan.

No comments:

Post a Comment